PREDIKSI SOAL UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMP/MTs TAHUN 2013 DAN
PEMBAHASAN
1. * Indikator SKL : Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada
bilangan.
* Indikator Soal : Menentukan hasil
operasi campuran bilangan bulat.
* Soal
Hasil
dari (– 12) : 3 + (–8) × (– 5)
adalah ....
A. – 44 C. 36
B. – 36 D.
44
* Kunci Jawaban: C
* Pembahasan :
(– 12) : 3 + (–8) × (– 5) = – 4 + (40)
= 36
2. * Indikator SKL :
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada pecahan.
* Indikator Soal : Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi
hitung
bilangan
pecahan.
* Soal
Luas taman pak Ahmad 300
m2. bagian ditanami bunga
mawar, bagian ditanami bunga
melati, bagian ditanami bunga
anyelir, dan sisanya dibuat kolam. Luas
kolam adalah ....
A. 45 m2 C. 65 m2
B. 55 m2 D. 75 m2
* Kunci jawaban : C
* Pembahasan :
Bagian untuk kolam adalah 1 – (++) = 1 – ( + + )
= 1 – =
Luas kolam = × 300 m2 = 65 m2
3. * Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan.
* Indikator
Soal : Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan perbandingan senilai.
* Soal
Sebuah mobil memerlukan 15 liter bensin
untuk menempuh jarak sejauh 180 km. Jika tangki mobil tersebut berisi 20 liter
bensin, jarak yang dapat ditempuh adalah ....
A. 320 km C.
230 km
B. 240 km D. 135 km
* Kunci jawaban : B
* Pembahasan :
15 liter → 180 km
20 liter → km = 240 km
Jarak yang
dapat ditempuh dengan 20 liter bensin adalah 240 km.
4. * Indikator SKL : Menyelesaikan masalah
berkaitan dengan bilangan berpangkat atau
bentuk akar.
* Indikator Soal : Menentukan bentuk akar ke pangkat pecahan atau sebaliknya .
* Soal
Jika ditulis menjadi bilangan berpangkat dengan
bilangan pokok 3 adalah...
a. c.
b.
d.
* Kunci
jawaban : A
* Pembahasan :
Nilai dari =
5. * Indikator SKL : Menyelesaikan masalah berkaitan
dengan bilangan berpangkat atau bentuk
akar
* Indikator Soal : Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan bentuk akar
* Soal
Hasil dari adalah….
A. 13 C.
9
B. 11 D. 6
* Kunci
jawaban : B
* Pembahasan :
Hasil dari =
=
= 11
6. * Indikator SKL : Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi
* Indikator
Soal :
Menentukan besar bunga pertahun, jika
unsur yang diperlukan diketahui.
* Soal
Andi
menabung uang sebesar Rp1.600.000,00 di
Bank. Setelah 9 bulan uangnya menjadi Rp1.672.000,00. Persentase
bunga per tahunnya adalah…..
A. 6% C.
9%
B. 8% D.
12%
* Kunci
jawaban : A
* Pembahasan :
Bunga
diterima = Rp1.672.000,00
– Rp1.600.000,00 = Rp72.000,00
Bunga selama 1 tahun =
Rp72.000,00 = Rp96.000,00 Persentase
bunga pertahun = 100% = 6%
7. * Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan
deret.
* Indikator Soal : Menentukan 2 suku berikutnya dari pola
bilangan yang diberikan
* Soal
Dua suku berikutnya dari barisan bilangan 20, 17, 13, 8, … adalah ….
A. 5, 2 C.
2, –7
B. 5, 0 D.
1, –8
* Kunci jawaban : C
* Pembahasan :
20, 17,
13, 8, 2, –5...
–3 –4 –5 –6
–7
8. * Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan
deret.
* Indikator
Soal
: Menentukan Un, jika unsur yang
diperlukan diketahui dari barisan bilangan
geometri
* Soal
Suku ke–8 dari barisan 243, 81, 27, 9,… adalah…..
A. C.
B. D.
* Kunci jawaban : B
* Pembahasan :
Diketahui : a = 243, r = , n = 8
Suku ke–8 = ? Un
= a.r n-1
U8 = 243 ×
= 243 × , Jadi suku ke–8 =
9. * Indikator SKL
: Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan barisan bilangan dan deret.
* Indikator
Soal :
Menentukan jumlah
n suku pertama deret aritmatika, jika
unsur yang diperlukan diketahui
* Soal
Diketahui barisan aritmetika dengan suku ke-2 = 46 dan suku ke-5 = 34. Jumlah 25 suku pertama barisan itu
adalah...
A. 96 C. 0
B. 50 D. - 54
* Kunci jawaban : B
* Pembahasan :
U5 = a +
(5 –1)b Þ
a + 4b = 34 ...(1)
U2 = a + (2 –1)b Þ a + b = 46 –..(2)
3b = –
12
atau b
= –4
(1) a
+ 4b =
34
a + 4(–4)
= 34
a – 16 =
34 jadi
a = 50
Sn = ½ n (2a + (n–1)b)
S25 =
½ ×25 (2×50 + (25 – 1) × –4)
=
½ ×25 (100 – 96)
= ½ × 25×4
= 50
10. * Indikator SKL : Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.
* Indikator
Soal
: Menentukan
faktor persekutuan
* Soal
Faktor dari
x2 – 25x adalah ….
A.
5x (x – 25) C. (x – 5)(x +5)
B. (x + 5)(x– 5)
D. x (x –25)
* Kunci
jawaban : D
* Pembahasan :
x2 – 25x = x (x – 25), karena yang
bersekutu adalah x
11. * Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan
linier atau pertidaksamaan linier satu
variabel.
* Indikator
Soal
: Menyelesaikan
persamaan linier satu variabel bentuk pecahan
* Soal
Penyelesaian dari ( x – 4) = 4 + x adalah…..
A. x = – 20 C. x =
10
B. x
= – 10 D.
x =
20
* Kunci
jawaban: A
* Pembahasan :
( x – 4) =
4 +
x …….kedua ruas × 10
5x – 20 = 40 + 8x
5x – 8x = 40 + 20
–3x = 60
x = – 20
12. * Indikator SKL : Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan himpunan.
* Indikator Soal : Menentuka irisan atau gabungan dua himpunan.
* Soal
Diketahui A = {x | x < 10, x bilangan prima} dan
B = {x | 1 < x < 10, x bilangan ganjil}.
AB adalah ….
A. { 3, 4,
5 } C. { 2, 3, 5 }
B. { 3, 5,
7 } D. {1, 3, 5, 7
}
* Kunci
jawaban: B
* Pembahasan :
A = {x | x < 10, x bilangan prima},
maka A={2,3,5,7},
B = {x |1< x < 10, xbilangan ganjil}, maka
B={3,5,7,9}
AB = {3,5,7}
13. * Indikator SKL :
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan.
* Indikator Soal : Menyelesaikan soal cerita
yang berkaitan dengan irisan
atau gabungan dua himpunan.
* Soal
Dari 143 siswa, 95 siswa senang matematika, 87 siswa senang
fisika, dan 60 siswa senang keduanya. Banyak siswa yang tidak senang matematika
maupun fisika adalah ….
A. 21 orang C. 35 orang
B. 27 orang D. 122 orang
* Kunci jawaban: A
* Pembahasan :
Misal: yang senang
matematika adalah A, dan yang senang fisika adalah B, maka:
n(S) = n(A) + n(B) – n(AB) + n(AÈB)C
143 = 95 + 87 – 60 + n(AÈB)C
143 = 122 + n(AÈB)C
n(AÈB)C = 143 – 122
n(AÈB)C = 21
Jadi, siswa yang tidak senang matematika maupun fisika ada
21 orang.
14. * Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi.
* Indikator Soal :
Menentukan fungsi dari suatu relasi dua himpunan dalam bentuk diagram panah/ himpunan pasangan
berurutan/ diagram cartesius
* Soal
Diketahui himpunan
pasangan berurutan :
(1). {(1, a), (2, a), (3, a), (4,
a) }
(2). {(1, a), (1, b), (1, c), (1, d) }
(3). {(1, a), (2, a), (3, b), (4, b) }
(4). {{1, a), (2, b), (1, c), (2, d) }
Himpunan pasangan berurutan yang merupakan pemetaan/fungsi
adalah ....
A. (1) dan (2) C.
(2) dan (3)
B. (1) dan (3) D.
(2) dan (4)
* Kunci
Jawaban : B
* Pembahasan :
Pemetaan/fungsi dari himpunan A ke himpunan B adalah
relasi yang memasangkan setiap anggota A dengan tepat satu anggota B, (1) dan
(3) memenuhi syarat sebagai pemetaan/fungsi
15. * Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan fungsi
* Indikator Soal : Menentukan nilai c, jika nilai f(c) dan
rumus fungsi diketahui
* Soal
Diketahui f(x) = 6 – 3x. Jika f(a) = – 15, maka nilai a adalah….
A. – 7 C.
3
B. – 3 D.
7
* Kunci jawaban: D
* Pembahasan :
f(a) = 6 – 3a
f(a)
= – 15
Persamaan 6 – 3a = – 15 – 3a = – 21 a = –21 : –3 = 7
16. * Indikator SKL : Menentukan gradien, persamaan
garis dan grafiknya
* Indikator Soal : Menentukan gradien garis dari gambar
* Soal
Perhatikan grafik berikut:
Gradien garis l
adalah ....
A. – C.
B. – D.
* Kunci jawaban : B
* Pembahasan :
Gradien negatif karena garis miring kekiri
m == –
17. * Indikator SKL : Menentukan gradien, persamaan
garis dan grafiknya.
* Indikator Soal : Menentukan persamaan garis yang
melalui satu titik dan sejajar atau tegak lurus garis lain.
* Soal
Persamaan garis melalui titik (–4,
–2) dan tegak lurus dengan garis 2x + 6y – 12 = 0 adalah ....
A.
3y – x = – 2
B.
3y + x = – 10
C.
y – 3x = 10
D.
y + 3x = – 14
* Kunci jawaban : C
* Pembahasan :
Gradien garis dengan persamaan 2x + 6y
– 12 = 0 adalah ( m1
= )
Syarat garis yang tegak lurus m1 ×m2
= –1, jadi m2 = –1 : = 3.
Persamaan garis melalui titik (–4, –2) dan tegak lurus
dengan garis 2x + 6y – 12 = 0 adalah : x1 =
–4, y1 = –2 dan m2 = 3.
18. * Indikator SKL
: Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel.
* Indikator
Soal
: Menentukan
penyelesaian dari SPLDV
* Soal
Penyelesaian dari sistem persamaan x – 3y = 1 dan x – 2y =
2 adalah x dan y. Nilai 2x – 5y adalah ....
A.
– 7 C. 3
B.
– 3 D. 7
* Kunci jawaban : C
* Pembahasan :
x – 3y = 1
x – 2y = 2 –
-y = -1 ® y = 1
x – 2y = 2 ® x = 2y + 2 ® x = 4
Jadi penyelesaiannya x = 4 dan y = 1
2x
– 5y = 2 (4) – 5 (1) = 8 – 5 = 3
19. * Indikator SKL
: Menyelesaikan soal menggunakan teorema Pythagoras.
* Indikator Soal : Menentukan bilangan–bilangan yang
merupakan Tripel Pythagoras.
* Soal
Perhatikan tripel bilangan berikut :
(1)
13 cm, 12 cm, 5 cm
(2)
6 cm, 8 cm, 11 cm
(3)
7 cm, 24 cm, 25 cm
(4)
20 cm, 12 cm, 15 cm
Yang dapat dibentuk menjadi segitiga siku-siku adalah ....
A.
(1) dan (2) C.
(2) dan (3)
B. (1) dan (3) D. (2) dan (4)
* Kunci jawaban : B
* Pembahasan :
(1).
132
= 122 + 52
169 = 144 + 25
169 = 169
Jadi 13, 12, 5 merupakan tripel Pythagoras
(3). 252 = 242 + 72
625 = 576 + 49
625 = 625
Jadi 7, 24, 25 merupakan tripel
Pythagoras
Tripel Pythagoras dapat dibentuk menjadi segitiga
siku-siku
Sedangkan (2) dan (4) tidak sama
20. * Indikator SKL
: Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan luas bangun datar.
* Indikator
Soal
: Menghitung luas
gabungan beberapa bangun datar.
* Soal
Perhatikan gambar
berikut!
Luas daerah yang diarsir pada gambar di atas adalah ....
A.
152 m2 C. 172 m2
B. 160 m2 D. 180 m2
* Kunci
jawaban : A
*
Pembahasan :
21. * Indikator SKL : Menghitung
keliling bangun datar dan penggunaan konsep keliling dalam kehidupan
sehari-hari.
* Indikator Soal : Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan keliling bangun
datar.
* Soal
Kebun berbentuk belahketupat,
panjang kedua diagonalnya 24 m dan 18 m. Di sekelilingnya ditanami pohon dengan
jarak antar pohon 3 m. Banyak pohon adalah ...
A. 14 C. 20
B. 15 D. 28
* Kunci jawaban : C
* Pembahasan :
Panjang sisi (S) = = 15 m
Keliling = 4 x 15 m = 60 m
Banyak pohon = 60 m : 3 m = 20 pohon
22. * Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan hubungan dua garis, besar dan jenis sudut, serta sifat sudut yang
terbentuk dari dua garis yang di potong garis lain.
* Indikator Soal : Menentukan jenis – jenis sudut jika unsur
yang diperlukan diketahui.
* Soal
Diketahui
besar Ð
CBD = (2x+5)o dan ÐABD =
(3x–25)º
Jika sudut CBD dan ABD saling
berpelurus, jenis sudut CBD adalah....
A. lancip C.
tumpul
B. siku-siku D.
lurus
* Kunci jawaban : A
* Pembahasan :
23. * Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan hubungan dua garis, besar dan jenis sudut, serta sifat sudut yang
terbentuk dari dua garis yang di potong garis lain.
* Indikator
Soal : Menghitung besar sudut yang terbentuk pada dua garis berpotongan
atau dua garis berpotongan garis lain serta sebuah sudutnya diketahui.
* Soal
Perhatikan
gambar!
|
Nilai y pada gambar di atas adalah ....
A. 200 C. 400
B.
300 D. 600
* Kunci jawaban : B
* Pembahasan :
1200 + 3x0 = 1800 (sudut luar sepihak)
3x0 =
600
2y0 =
3x0 (sudut bertolak belakang)
2y0 =
600
y0 =
300
24. * Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis-garis istimewa pada segitiga.
* Indikator Soal : Menentukan nama garis istimewa pada segitiga
dari gambar yang diberikan
* Soal
Perhatikan gambar!
Garis CE adalah….
A. garis tinggi C. garis sumbu
B. garis bagi D. garis berat
* Kunci jawaban : D
* Pembahasan :
Cukup jelas
25. * Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran.
* Indikator Soal : Menghitung luas juring jika unsur
yang diperlukan diketahui
* Soal
Luas juring dengan sudut pusat 45o
dan panjang jari-jari 14 cm adalah…
A. 77 cm2 C.
154 cm2
B. 93 cm2 D.
308 cm2
* Kunci jawaban : A
* Pembahasan
Luas juring = × pr2
( d = 28 cm,
maka r = 14 cm)
= × × 14 cm × 14 cm
= 77 cm2
26. * Indikator SKL :Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan unsur- unsur/bagian-bagian
lingkaran atau hubungan dua lingkaran.
* Indikator soal : Menghitung panjang garis singgung persekutuan luar jika unsur-unsur yang diperlukan diketahui.
* Soal
Diketahui 2 lingkaran yang pusatnya P dan
Q, dengan jarak PQ = 17 cm. Panjang jari-jari lingkaran berturut-turut dengan
pusat P 11,5 cm dan pusat Q 3,5 cm. Panjang garis singgung persekutuan luarnya
adalah....
A. 8 cm C.
15 cm
B. 12 cm D. 16 cm
* Kunci jawaban: C
* Pembahasan :
Diketahui ; S = PQ
= 17 cm, R= 11,5 dan r = 3,5 cm
l =
=
=
= 15 cm
27. * Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan atau kongruensi.
* Indikator Soal : Menentukan sisi-sisi yang bersesuaian atau sama bila diberikan
dua buah bangun yang sebangun atau kongruen
* Soal
Perhatikan gambar !
C D
E
A B
Pasangan sisi yang mempunyai perbandingan sama adalah….
A. = = C.
= =
B. = = D. = =
* Kunci jawaban: A
* Pembahasan :
Sudut yang sama:
ÐA = ÐD(dalam berseberangan)
ÐB = ÐC (dalam berseberangan)
ÐAEB = ÐDEC (bertolak belakang), maka
= =
28. * Indikator SKL : Menyelesaikan masalah dengan menggunakan
konsep kesebangunan.
* Indikator Soal : Menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan kesebangunan
* Soal
Sebuah foto berukuran alas
20 cm dan tinggi 30 cm ditempel pada sebuah karton yang berbentuk
persegipanjang. Jika foto dan karton sebangun dan lebar karton disebelah kiri,
kanan dan atas foto 2 cm, maka lebar karton di bawah foto adalah... .
A. 2 cm C. 4 cm
B. 3 cm D. 6 cm
* Kunci jawaban : C
* Pembahasan :
(Tk =
Tinggi karton)
Lebar bagian bawah
(x) = 36 –2 –30 = 4 cm
29. * Indikator SKL : Menentukan unsur-unsur
pada bangun ruang.
* Indikator
Soal
: Menentukan
banyak rusuk atau sisi pada prisma atau limas.
* Soal
Banyak sisi dan
rusuk pada limas dengan alas segi-9 adalah ….
A. 10 dan 18 C.
10 dan 27
B. 11 dan 18 D.
11 dan 27
* Kunci jawaban: A
* Pembahasan :
Banyak sisi = alas + sisi tegak
= 1
+ 9 = 10
Banyak rusuk = rusuk alas + rusuk tegak
= 9 +
9 = 18
30. * Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan kerangka atau jaring-jaring bangun
ruang.
* Indikator
Soal
: Diberikan gambar rangkaian
persegi, siswa dapat menentukan rangkaian yang merupakan jaring-jaring kubus.
* Soal
Dari
rangkaian persegi berikut,
yang merupakan
jaring-jaring kubus adalah ....
A. 1 dan 3 C. 2 dan 3
B.
1 dan 4 D. 2 dan 4
* Kunci jawaban: B
*
Pembahasan :
Cukup jelas (gambar 1 dan 4 dapat membentuk
kubus tertutup)
(gambar
2 dan 3 tidak dapat
membentuk kubus tertutup)
31. * Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan volume bangun ruang.
* Indikator
Soal
: Menghitung
volume kubus, balok, prisma, atau limas.
* Soal
Alas sebuah limas berbentuk
persegi dengan keliling 40 cm dan tinggi limas 12 cm. Volum limas tersebut
adalah ….
A. 400 cm3
C.
1200 cm3
B.480 cm3 D. 1440
cm3
* Kunci jawaban: A
* Pembahasan :
Diketahui : sisi alas = 40 : 4 = 10 cm
V = x La x t
= x ( 10 x 10) x 12
= 400 cm
32. * Indikator SKL
: Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
volume
* Indikator Soal : Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan volume bangun ruang sisi sisi datar
* Soal
Sebuah bak air berbentuk prisma, alasnya belah ketupat
dengan panjang diagonalnya 18 dm dan 24 dm. Jika tinggi bak 1 m, volume air dalam bak tersebut jika penuh adalah ….
A.1080 liter C. 2062 liter
B.1296 liter D. 2160 liter
* Kunci
jawaban: D
* Pembahasan :
L.a = dm2. dan t = 1 m = 10 dm
V. air = L.a x t = 216 ×
10 = 2160 dm3 = 2160 liter
33. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang.
* Indikator Soal
Menghitung luas tabung, kerucut, atau
bola (GABUNGAN 2 BANGUN)
* Soal
Perhatikan gambar yang terbentuk dari kerucut dan
tabung!
15 cm
39 cm
14 cm
Luas permukaan
bangun tersebut adalah .... (p =)
A. 1.210 cm C. 1.364 cm
B. 1.342 cm D. 1.518 cm
* Kunci
jawaban: C
* Pembahasan :
Diketahui : d = 14
cm, r = 7 cm, t(tabung ) = 15 cm
dan t(kerucut) = (39–15) = 24 cm
s = = 25 cm
L = L. lingkaran + L. selimut tabung + L. selimut
kerucut
L =
pr2 + 2prt + prs
= × ( 7 × 7) + (2 ×× 7 × 15) + (× 7 × 25)
=
(154 + 660 + 550) cm2
= 1.364 cm
34. * Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas
permukaan bangun ruang.
* Indikator Soal : Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan luas bangun ruang sisi lengkung
* Soal
Atap sebuah gedung berbentuk belahan bola dengan panjang dimeter
14 m. Atap gedung tersebut akan di cat
dengan biaya Rp.200,000,00 setiap m2. Berapa biaya yang diperlukan
untuk mengecat gedung itu?
A. Rp.54.800.000,00
B. Rp.61.600.000,00
C. Rp.63.400.000,00
D. Rp.65.600.000,00
* Kunci jawaban : B
* Pembahasan :
Luas belahan bola =
=(4 x x 7 x7) = 308 m2
Biaya = 308 x Rp200.000,00 = Rp61.600.000,00
35. * Indikator SKL : Menentukan ukuran
pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
* Indikator Soal : Menghitung mean, median, atau modus
data tunggal pada tabel frekuensi.
* Soal
Perhatikan tabel!
Nilai
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
Frekuensi
|
2
|
6
|
4
|
8
|
6
|
7
|
5
|
2
|
Median dari data
pada tabel di atas adalah ….
A. 6 C.
7
B. 6,5 D. 7,5
* Kunci jawaban : B
* Pembahasan :
Mediannya =
= = 6,5
(karena 40 data, jika diurutkan suku tengahnya adalah
ke-20 dan 21)
36. * Indikator SKL : Menentukan ukuran
pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari
* Indikator Soal : Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan nilai rata-rata
* Soal
Tinggi rata-rata 8 orang pemain Volly adalah 176 cm.
Setelah 2 orang keluar dari tim Volly,
tinggi rata-ratanya menjadi 175 cm. Tinggi rata-rata pemain yang keluar itu
adalah ….
A. 169 cm C. 174 cm
B. 171 cm D. 179 cm
* Kunci jawaban : D
* Pembahasan :
Jumlah tinggi pemain
yang keluar
= (8 ´ 176) – (6 ´175) = 358
cm
Tinggi rata-rata = 358 : 2 = 179 cm
37. * Indikator SKL : Menentukan ukuran
pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari
* Indikator
Soal
: Menafsirkan data
yang disajikan dalam bentuk tabel frekuensi
* Soal
Perhatikan
tabel berikut :
Nilai
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
Frekuensi
|
2
|
7
|
5
|
4
|
2
|
Banyak siswa yang mendapat nilai
lebih dari nilai rata-rata adalah ….
A. 5 orang C.
7 orang
B. 6 orang D. 11 orang
* Kunci jawaban: D
* Pembahasan :
Nilai rata-rata =
5, 85
Nilai lebih dari 5,85 yaitu nilai 6, 7 dan 8
Banyak siswa yang
mendapat nilai lebih dari rata-rata= 5 + 4 + 2 = 11 orang
38. * Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
penyajian atau penafsiran data.
* Indikator Soal : Siswa dapat menafsirkan
data yang disajikan dalam bentuk diagram batang, diagram lingkaran, atau
diagram garis
* Soal
Data penjualan beras dari toko
sembako pada lima hari minggu pertama bulan Januari adalah sebagai berikut
Rata-rata banyak beras yang
terjual setiap hari pada minggu tersebut adalah ….
A. 35 kwintal C. 42 kwintal
B. 40 kwintal D. 44 kwintal
* Kunci jawaban: C
* Pembahasan :
Rata-rata beras
terjual = = = 42 kwintal
39. * Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
peluang suatu kejadian
* Indikator
Soal
: Menentuan peluang suatu kejadian tertentu pada
suatu percobaan
* Soal
Dalam percobaan melempar 2 buah
dadu, peluang muncul mata dadu berjumlah 8, adalah ...
A. C.
B. D.
* Kunci jawaban : A
* Pembahasan :
Mata dadu berjumlah 8 = (2,6),
(3,5), (4,4), (5,3), (6,2) atau ( 5
kemungkinan )
40. * Indikator SKL : Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan peluang suatu
kejadian.
* Indikator
Soal
: Menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan dengan peluang.
* Soal
Dalam
suatu kantong berisi 10 kelereng kuning, 5 kelereng putih dan 26 kelereng biru.
Satu kelereng diambil berwarna putih dan tidak dikembalikan lagi. Jika diambil
lagi secara acak, nilai kemungkinan terambil kelereng putih lagi adalah . . .
.
A. C.
B. D.
* Kunci jawaban: A
* Pembahasan :
.
=
Tidak ada komentar:
Posting Komentar